Marketplace

Awalnya tidak pernah terpikir buat saya untuk berjualan online melalui marketplace. Saya selalu berfikir bahwa berjualan online hanya akan lebih dipercaya oleh calon pembeli jika mempunyai situs.
Padahal, setelah mengalami langsung berjualan online melalui marketplace, ternyata bukan hanya itu saja tetapi banyak hal yang mempengaruhi kepercayaan calon pembeli untuk membeli barang secara online.

Salah satunya adalah adanya kepastian bahwa uang yang ditransfer pihak pembeli akan kembali jika penjual tidak mengirimkan barangnya. Ini poin yang menurut saya menjadi paling utama. Karena ternyata banyak juga para online shop yang walaupun sudah punya situs, tetapi tetap saja berbuat curang kepada para pembelinya. Misalnya, gambar barang yang dipajang disitus tidak sesuai dengan tampilan asli dari barang tersebut. Hasilnya, pembeli kecewa dan tidak ingin berbelanja lagi ditoko online tersebut.

Diantara sebagian marketplace yang ada, ternyata ada juga marketplace yang mempunyai fitur "kembalikan barang". Maksudnya, jika ternyata pembeli merasa bahwa barang yang dibeli tidak sesuai dengan gambar yang tertera, maka pembeli bisa mengembalikannya dan uang bisa dikirim balik. Dengan begitu, pembeli tidak dirugikan dan penjual harus belajar bahwa barang harus sesuai dengan gambar, jika tidak, sebaiknya jujur saja.

Ada satuhal menarik buat saya tentang pangsa pasar pada marketplace. Ternyata, pasar pada setiap marketplace itu berbeda-beda. Misalnya, jika kita berjualan di marketplace A, maka pembelinya juga hanya yang ada di marketplace A. Sedangkan yang di marketplace B tidak ikut membanding-bandingkan harga dengan marketplace B. Mengapa? sejujurnya saya kurang tahu, mungkin pembeli sudah percaya dengan salah satu marketplace, maka sepertinya tidak perlu repot-repot pindah ke marketplace B. Buktinya, barang yang sama pernah saya juga di dua marketplace yang berbeda dengan harga yang berbeda. Dan hasilnya, dua-duanya terjual padahal yang satu lebih mahal dibanding yang lain.

Oleh karena itulah, saya akhirnya punya beberapa toko di beberapa marketplace. Berikut ini lapak atau toko online yang saya miliki di beberapa marketplace :

1. Tokopedia : https://www.tokopedia.com/batikfilosofia
2. Bukalapak : https://www.bukalapak.com/batikfilosofia
3. Shopee : shopee.co.id/batikfilosofia

Silahkan kunjungi lapak yang saya miliki, siapa tahu ada yang diminati. hehehe

0 Response to "Marketplace"

Post a Comment