Rekening Bank

Salah seorang teman saya yang baru mau mulai berjualan online bertanya kepada saya.

"Bro, kalau saya berjualan online, kira-kira butuh gak sih rekening bank?"


"Jelas butuh lah!", jawab saya cepat.

"Coba kamu pikir, bagaimana caranya transfer uang kalau gak ada rekening bank?" tanya saya kemudian.

"Iya ya, bener juga," kata dia.

"Trus, berapa rekening bank yang wajib dimiliki sama penjual online?" Dia pertanyaan lagi.

"tergantung juga bro, kalau misalnya kamu hanya berjualan melalui Marketplace, kaya shopee, bukalapak atau tokopedia, maka rekening yang wajib kamu miliki, cukup satu saja."

"Tapi, kalau kamu punya web sendiri, menurut saya, minimal kamu punya 2 rekening bank"

"Itu minimalnya loh, bagusnya sih ya lebih banyak", saya menambahkan.

"Trus, rekening bank apa saja yang harus dimiliki?" Dia bertanya dengan wajah penasaran.

"Pertama, Rekening Bank BRI."

"Mengapa Bank BRI?, karena sebagian besar pembeli yang tinggal dipelosok hanya memiliki rekening Bank BRI saja."

"Bisa dibilang rekening wajib rakyat Indonesia gitu lah, hehehe," Saya menjelaskan sambil tersenyum. Dia pun ikut tersenyum.

"Kedua, Bank BCA."

"Mengapa Bank BCA?, Karena sebagian besar pembeli online yang tinggal di perkotaan, biasanya memiliki rekening Bank BCA."

"Saya rasa, kalau kamu punya rekening kedua Bank tersebut, sudah bisa dibilang cukup, untuk kamu yang baru mau memulai berjualan online,"

"Kalau mau ditambah, ada 2 rekening bank lagi yang harus dimiliki," Saya menambahkan

"Rekening apa lagi?" Tanya dia kemudian.

"Ketiga, rekening Bank Mandiri dan keempat, rekening Bank BNI"

"Kedua rekening terakhir ini, posisinya sama seperti Bank BCA, walaupun kadang, cakupan bank Mandiri lebih luas."

"Misalkan, ketika mudik lebaran kemarin, saya sempet nyari-nyari ATM Bank BCA dan gak dapet, eh dapetnya Bank Mandiri, padahal lumayan di pelosok." Saya menerangkan.

"Sebenarnya sih saya juga gak faham betul tentang cakupan daerah pada ke empat bank tersebut, hanya berdasarkan pengalaman, bank BRI biasanya sampai ke pelosok-pelosok, sedang ketiga bank lainnya, kebanyakan di kota besar."

"Begitu bro, gimana, mau mulai jualan onlinenya?" Tanya saya.

"Mau banget, bro, tapi, kira-kira, saya mau jualan apa ya?" Jawab dia ragu.

"Udah, bikin rekening dulu aja. Toh, kalau kamu gak jualan juga, kamu butuh rekening Bank. Ya minimal untuk nyimpen duit, ya ga?" tanya saya.

"Iya, hehehe" jawab dia.

"Nah, sekarang tugas kamu adalah bikin rekening dulu, jangan mikir yang lain."

"Sebab, satu langkah nyata itu lebih baik dari seribu mimpi, daripada masih mikirin yang jauh, mending yang deket dan mudah saja dulu yang dijalani, betul?"

Dia hanya manggut-manggut sambil pamitan sama saya. 

0 Response to "Rekening Bank"

Post a Comment